Your are here: Home // Banjir dan Berkah Penarik Gerobak

Banjir dan Berkah Penarik Gerobak

Paragraf berikut ini merangkum karya para ahli Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah yang benar-benar akrab dengan semua aspek Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah. Heed saran mereka untuk menghindari kejutan Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah.

DEMAK, KOMPAS.com - Bagi warga di Jakarta dan daerah-daerah sekitarnya, seperti Bekasi dan Ciledug Tangerang, pemandangan yang terjadi di Desa Ploso, Kecamatan Karang Tengah Demak ini bukan hal yang aneh lagi.

Setiap kali datang banjir, dan jalan raya terputus akibat genangan air yang tinggi, maka jasa penyeberangan orang dan kendaraan dengan menggunakan gerobak dorong pun bermunculan. Hal itu pula yang terjadi di Demak, Jawa Tengah.

Banjir akibat meluapnya Sungai Tuntang yang melanda Desa Ploso mencapai ketinggian antara 50 hingga 70 cm. Penduduk desa setempat yang mencapai 5000 jiwa dan juga warga sekitar yang akan melintas, umumnya mengalami kesulitan akibat bencana musiman ini.

Beruntung, banjir kali inidilaporkan tidak sampai merendamrumah warga. Apalagi warga telah mengantisipasi datangnya banjir tahunanini, dengan membuat rumah panggung setinggi 1,5 meter.

Namunbegitu, banjir tetap menyebabkan sejumlah ruas jalan di desa tersebuttergenang air. Termasuk jalan utama di Dukuh Kalitageh, yang berada ditikungan bantaran Sungai Tuntang.

Kadang-kadang aspek yang paling penting dari subjek tidak segera jelas. Jauhkan membaca untuk mendapatkan gambaran yang lengkap.

Padahal jalan beton sepanjang200 meter tersebut, merupakan jalan vital bagi lalu lintas warga DesaPloso dan desa-desa lainnya, seperti Turitempel, Tlogorejo, Sidoarjo,Trimulyo, Bumiharjo dan Grogol dengan pusat kota Demak.  Akibatnya, aktifitas maupun transportasi warga tergangu, dan juga menghambat akses perekonomian warga.

Tapi tidak semua warga Desa Ploso memandangnya sebagai bencana. Banjir yang kerap terjadi dalam rentang waktu puluhantahun itu, dianggap hal yang biasa. Bahkan banjir, justrumenjadi berkah lewat gerobak dorong tersebut.

Untuk warga yang ingin melintas, gerobak atau songkro disediakan sebagai pengganti perahu yang tak hanya bisa membawa orang, tapi pun motor yang akan tak bisa menembus banjir. Untuk satu orang dikenai tarif Rp2000, dan kalau bersama sepeda motorya biayanya Rp 5000.

Ali Sodikin salah satu penarik gerobak, Senin (28/03/2011) kemarin mengatakan, dengan adanyajasa penyeberangan, seperti yang dilakukannya bersama 10 temanlainnya, mampu terbukti membantu warga yang akan beraktifitas. "Banjir memang membawa rejeki," kata Ali. "Tapi kami jugacapek juga, karena harus berjuang melawan derasnya air. Hasilnya sekadar buatbeli rokok,"  kata Ali lagi.

Sungai yang bermuara di pantai utara Jawa itu telahmengalami sedimentasi tinggi, sehingga tidak mampu menampung kiriman air dari wilayah kabupaten Semarang dan Salatiga. Menurut kepala Desa setempat, Muhajir, sedimen lumpur yang terbawa dari daerah hulu sungai menyebabkan hilir sungai tuntang menyempit.

Saat elevasi sungai tuntang meningkat tajam dan daerah hulu curah hujannya tinggi maka sungai tidak mampu menampung air. Alhasil air meluapke desanya dan masuk ke pemukiman penduduk serta menggenangi jalan-jalan desa. "Meski Demak tidak hujan, jika daerah atas atau hulu sungai turun hujan lebat, maka Desa Ploso akan kebanjiran," ungkapnya.

Kadang-kadang sulit untuk memilah-milah semua rincian yang terkait dengan hal ini, tapi aku positif Anda tidak akan kesulitan untuk memahami informasi yang disajikan di atas.

Leave a reply

Copyright © 2009 binatang langka.
Designed by Theme Junkie. Converted by Wordpress To Blogger for WP Blogger Themes. Sponsored by iBlogtoBlog.