Your are here: Home // UN di Jatim, Kenapa Dicetak di Jakarta

UN di Jatim, Kenapa Dicetak di Jakarta

Satu-satunya cara untuk mengikuti terbaru tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah adalah untuk terus tinggal di mencari informasi baru. Jika Anda membaca segala sesuatu yang Anda temukan tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah, itu tidak akan memakan waktu lama bagi Anda untuk menjadi otoritas yang berpengaruh.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perguruan tinggi negeri (PTN) patut meragukan kredibilitas hasil ujian nasional (UN) untuk dijadikan parameter masuk PTN. Kebocoran UN sebelum dilaksanakan adalah indikasi buruknya persiapan UN dari sisi keamanan.

Demikian dikatakan oleh Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Priyo Suprobo kepada Kompas.com, Rabu (6/4/2011), terkait isu adanya indikasi kebocoran jawaban UN 2011 di Jawa Timur (Jatim). Priyo mengatakan, kebocoran tersebut tidak perlu terjadi jika pemerintah memberikan perhatian ekstra ketat terhadap persoalan tersebut.

"Kita menghormati undang-undang pengadaan barang dan jasa untuk kebutuhan UN ini di Jawa Timur Jatim. Tapi, yang menjadi perhatian, kenapa cetaknya dilakukan oleh pihak swasta di Jakarta, kenapa tidak di Jawa Timur. Ini sesuatu yang harusnya menjadi perhatian Pemerintah," ujar Priyo.

Priyo menambahkan, percetakan naskah dan jawaban UN seharusnya dilakukan di tempat aman. Jika untuk wilayah Jatim, lanjut dia, sebaiknya urusan cetak-mencetak tersebut diserahkan ke pihak yang sudah ditunjuk di wilayah Jatim, semisal cukup dilakukan di Surabaya.

Sebagian besar informasi ini berasal langsung dari pro Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah. Hati-hati membaca untuk mengakhiri hampir menjamin bahwa Anda akan tahu apa yang mereka ketahui.

"Hal-hal semacam ini kan belum diperhatikan pemerintah, sehingga bagaimana PTN mau menjadikan UN sebagai parameter," ujar Priyo.

Sebelumnya beredar kabar, bahwa jawaban soal UN 2011 sudah bocor di Jawa Timur. Para pelaku yang tidak bertanggungjawab telah mengomersialisasikan jawaban UN dengan menjualnya harga Rp 13 juta. Tarif tersebut berlaku untuk paket kunci jawaban dengan jaminan seratus persen benar.

"Kalau hanya ingin menerima kunci jawaban dengan tingkat kebenaran 60 persen, cukup membayar Rp 8 juta. Tapi, kalau mau satu paket, ya, Rp 13 juta," kata Ketua Dewan Pendidikan Jatim, Zainuddin Maliki saat ditemui di sela rapat pengamanan UN di Dinas Pendidikan Jatim, kepada Surya, Senin (4/4/2011) lalu.

Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya ini secara terang-terangan menyampaikan adanya kabar bocoran jawaban itu di forum rapat. Dia meminta hal itu menjadi perhatian serius semua pihak.

Setelah dikonfirmasi langsung oleh Kompas.com, memang benar bahwa pemenang tender soal UN 2011 untuk wilayah Jawa Timur jatuhkepada PT Mecosuprin Grafia yang beralamat di Jl Kayu Putih IV Bl C/3-Indonesia atau tepatnya di Capung Barat, JakartaTimur. Perusahaan tersebut memenangkan tender penggandaan soal UN setelah menyisihkan sembilan perusahaan percetakan yang mengikutitender.

Adapun PT Mecosuprin Grafia memenangkan tender senilai Rp14.786.472.044,77. Jumlah tersebut di bawah anggaran penggandaan soal UNsebesar Rp 15,5 miliar.

Sekarang Anda bisa mengerti mengapa ada minat yang tumbuh di Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah. Ketika orang mulai mencari informasi lebih lanjut tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah, Anda akan berada dalam posisi untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Leave a reply

Copyright © 2009 binatang langka.
Designed by Theme Junkie. Converted by Wordpress To Blogger for WP Blogger Themes. Sponsored by iBlogtoBlog.