Your are here: Home // 4 Alasan Harus Makan Pagi

4 Alasan Harus Makan Pagi

Semakin Anda memahami tentang subjek apapun, itu menjadi lebih menarik. Ketika Anda membaca artikel ini Anda akan menemukan bahwa subjek
tentu tidak terkecuali.

KOMPAS.com - Fakta menunjukkan bahwa sebagian di antara Anda adayang selalu mengawali hari dengan keadaan perut kosong. Ada yang mengklaimtidak punya cukup waktu untuk sarapan, ada pula yang berpikir bahwa kebiasaanmakan pagi hanya akan membuat badan gemuk.

Mereka yang berpikir bahwa sarapan tidak penting justru keliru. Riset di Harvard University ASmenunjukkan, orang yang teratur sarapan pagi memiliki kecenderungan hingga 50persen tidak mengalami kegemukan ketimbang mereka yang melewatkansarapan.

Nah, supaya Anda lebih paham manfaatnya, berikut adalahpenjelasan mengapa  sarapan memberi kebaikan bagi tubuh serta tipsbagaimana menjadikannya sebagai gaya hidup :

1.  Sarapandapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan.

Menunda sarapan membuat Andasulit memperoleh asupan nutrisi dan vitamin yang direkomendasikan. Menu sarapan seperti sereal dengan susu atau yogurt rendah lemak plusgranula akan memberi cukup kalsium dan serat.

2.  Sarapanbisa menurunkan berat badan.

Ketika Anda beraktivitasdengan perut kosong, tubuh akan membakar kalori secara lambat. Menurutahli nutrisi penulis buku The F-Factor Diet Tanya Zuckerbrot,R.D.,sarapan pagi setelah perut kosong semalaman dapat meningkatkan metabolisme, yang artinya pembakaran kalorisepanjang hari menjadi lebih efisien.   Namun Zuckerbrotmenekankan bahwa kunci dari semuanya adalah jenis makanan yang Andakonsumsi.  Makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana seperti donatakan membuat glukosa melonjak, kemudian turun drastis.  Ini jugamenyebabkan Anda merasa lapar pada jam 11-an.  

Cara yang lebihbaik adalah konsumsilah jenis berkarbohidrat kompleks seperti oatmeal atau roti gandum murni. Makanan dengan kadar serat tinggi dan rendah gulaakan dicerna dengan lambat, sehingga menyediakan energi yang konstan danmembuat Anda tdak cepat lapar.          

3.  Sarapantingkatkan kemampuan otak. 

Waktu terbaik untuk belajar tentang
adalah sebelum Anda berada di tengah-tengah hal. Wise pembaca akan terus membaca untuk mendapatkan beberapa pengalaman berharga
sementara itu masih bebas.

Riset para ahli dariUniversitas Swansea Wales membuktikan bahwa pelajar yang selalu sarapanmencatat rata-rata skor 22 persen lebih tinggi ketimbang rekannya yang tidak sarapan. Ketika Anda bangun pagi,  sebagian besar energi  -dalam bentuk glukosa dan glikogen - telah habis terkuras oleh aktivitassehari sebelumnya.  Menurut para ahli, glukosa adalah satu-satunya bahanbakar yang dibutuhkan otak. Tanpa glukosa yang cukup, Anda merasa lelahdan berkunang-kunang.

4.  Perlindungan terhadap sakitjantung.

Riset menunjukkan, wanita sehat yangmelewatkan sarapan selama dua pekan memiliki kadar kolesterol buruk LDLlebih tinggi ketimbang mereka yang menyantap semangkuk sereal plus susudi pagi hari.  

Zuckerbrot menjelaskan, serat dapat mengikatkolesterol dan mempercepat eksresinya sebelum mencapai pembuluh arteri.Oleh sebab itu pula, penelitian 10 tahun yang dilakukan Harvard NursesHealth menyimpulkan bahwa asupan serat tinggi berkaitan dengan penurunanrisiko penyakit jantung hingga mencapai 50 persen.  

Tipssarapan sehat :

1. Sarapan sebaiknya mengandung sekurangnya5 gram serat, satu hidangan kalsium (setara dengan segelas susu atauyogurt) plus protein dan lemak. Batasi asupan gula hingga 6 gram (satusendok setara 4 gram).

2. Jika  tak ada waktu sarapan di rumah,Anda bisa membawa roti isi dan susu untuk dinikmati  di perjalanan ataupun setelah sampai di tempat kerja.

3. Telur dalah bahan makananyang relatif praktis dan mudah disajikan. Kandungan nutrisi dalam teluryakni vitamin A, B2, B6, B12, zat besi, kalium, kalsium, dan zat lain,sangat diperlukan tubuh kita.

4. Supaya bervariasi, kita bolehmengonsumsi  buah favorit untuk kebutuhan vitamin bagi tubuh.  Jika adawaktu di malam hari, blenderlah buah dicampur yogurt atau susu dansimpanlah di di lemari es untuk dikonsumsi pagi harinya.

5. BilaAnda selalu tidak merasa lapar saat pagi hari, Zuckerbrot menyarankanagar Anda menghentikan makan setelah pukul 20.00 malam hari. Dalam duaatau tiga pekan ke depan, jam biologis nafsu makan Anda akan berubah. Setiap bangun pagi hari, Anda akan merasa lapar.

Kadang-kadang sulit untuk memilah-milah semua rincian yang terkait dengan hal ini, tapi aku positif Anda tidak akan kesulitan untuk memahami informasi yang disajikan di atas.

Leave a reply

Copyright © 2009 binatang langka.
Designed by Theme Junkie. Converted by Wordpress To Blogger for WP Blogger Themes. Sponsored by iBlogtoBlog.