Your are here: Home // Tips Menghindari Pencurian Motor

Tips Menghindari Pencurian Motor

Anda harus dapat menemukan beberapa fakta yang sangat diperlukan tentang
dalam paragraf berikut. Jika ada setidaknya satu fakta anda tidak tahu sebelumnya, bayangkan perbedaan itu bisa membuat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pencurian kendaraan motor (curanmor) semakin marak terjadi. Berdasarkan data Polda Metro Jaya, setiap bulannya terjadi 300 aksi curanmor roda dua di wilayah Jabodetabek. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Baharudin Djafar, mengingatkan warga untuk selalu waspada.

"Kalau perlu motor dikunci ganda. Kuncinya jangan di ban motor bagian belakang karena bisa diangkat. Tapi kunci di ban depannya," ujarnya, Selasa (24/5/2011), di Polda Metro Jaya.

Selain mengunci ganda motor, Humas Polda Metro Jaya juga merilis beberapa tips yang dapat dilakukan warga untuk menghindari pencurian motor. Berikut tips yang diterapkan:

1. Parkir di tempat tarkir resmi dan aman.Usahakan untuk selalu parkir di tempat parkir resmidengan tingkat pengawasan dan keamanan yangtinggi. Kalau bisa pilih saja lokasi parkir yang terdapatpetugas yang selalu memeriksa STNK ketika akanmeninggalkan tempat parkir, ada tiket bukti parkir,ada kamera pengawas cctv dan banyak petugas keamanan yang menjaga di sekitar tempat parkir.

Anda dapat melihat bahwa ada nilai praktis dalam mempelajari lebih banyak tentang
. Dapatkah Anda memikirkan cara-cara untuk menerapkan apa yang telah dibahas sejauh ini?

2. Berikan tambahan kunci pengaman pada motorKunci sepeda motor Anda dengan kunci-kuncitambahan, contohnya seperti kunci roda, kunci setangrahasia, alarm, gembok, rantai, dan kunci disc cakram.

3. Parkir di tempat yang mudah diawasiJika memarkir kendaraan di depan rumah baik rumahsendiri atau rumah orang lain serta di tempat umumseperti mini market, sekolah, warung, warnet, wartel,dan lain sebagainya sebaiknya parkir di tempat yangmudah terlihat dari dalam serta pasang mata dantelinga Anda. Jangan sampai lalai karena pencuri sepeda motor hanya butuh kurang lebih satu menit atau kurang untuk menggasak motor Anda.

4. Waspada terhadap mobil boks, pickup dan trukyang berada di samping motor AndaDari beberapa kasus yang terjadi, pelaku curanmormenggunakan jenis mobil-mobil tersebut yang parkirdi samping atau sekitar parkir motor Anda. Pencurisepeda motor dapat dengan cepat menggotongmotor Anda dan kemudian membawa kabur motorAnda untuk selama-lamanya.

5. Amankan barang berharga bawaan AndaHati-hati pula terhadap barang-barang berharga yangAnda bawa. Jika ada tempat penitipan helm dan jaketsegera titipkan di tempat tersebut. Jika Anda khawatirdengan tempat penitipan Anda bisa pasang kotakatau box motor di belakang sepeda motor ada untukmenyimpan barang Anda seperti helm, berkas, jaket, uang, jaket jas hujan, uang/duit, alat mekanik,payung, senter, air minum, dan baju ganti.

6. Mengurangi perhatian pencuri motor yang terlihat bagus, baru dan berdaya jualtinggi dengan sistem pengamanan yang kurang,sangat disukai oleh pelaku curanmor. Sementara, motor yangsudah kelihatan jelek denganpengamanan yang cukup dan bila dijual harganyamurah termasuk jenis motor yang aman dari pencurian motor. Menutup motor Anda dengan kainpenutup motor dapat mengurangi perhatian pencuridan akan mempersulit pencuri untuk melaksanakanaksinya. Dengan menutup motor dengan bahan anti air juga dapat melindungi motor dari kehujanan dan terik sinar matahari.

7. Membina hubungan baik dengan petugas parkirdan tetanggaUntuk lebih aman, jika Anda parkir di tempat yangrutin atau sering misalnya di kampus, kantor, rumah,mini market, warung, dan lain sebagainya Anda bisapelan-pelan membina hubungan baik dengan orang di sekitarnya. Jika ada waktu, ajak petugas parkirngobrol, nongkrong, dan sebagainya. Kalau punya uang lebih kita bisa kasih uang rokok ke petugasparkir tersebut. Tujuannya adalah agar tukang parkirjadi kenal dan otomatis kenal dengan motoryang kita pakai.

Semoga bagian di atas telah berkontribusi untuk pemahaman Anda tentang
. Berbagi pemahaman baru Anda tentang
dengan orang lain. Mereka akan berterima kasih untuk itu.

Leave a reply

Copyright © 2009 binatang langka.
Designed by Theme Junkie. Converted by Wordpress To Blogger for WP Blogger Themes. Sponsored by iBlogtoBlog.