Your are here: Home // Nakalnya Petugas Retribusi Wisata....

Nakalnya Petugas Retribusi Wisata....

Artikel ini menjelaskan beberapa hal tentang
, dan jika Anda tertarik, maka ini patut dibaca, karena Anda tidak pernah tahu apa yang Anda tidak tahu.

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com - Akibat maraknya isu korupsi yang lumayan besar di Tempat Pembayaran Retribusi (TPR) Pantai Baron, Kecamatan Tanjungsari, yang selama ini menjadi wisata andalan Kabupaten Gunungkidul, sejumlah petugas di TPR kini diperiksa polisi.

Kasat Reskrim Polres Gunungkidul AKP Alaal Prasetyo menjelaskan, pihaknya saat ini masih mendalami hasil penyidikan. Dirinya tidak menampik isu yang beredar di tengah masyarakat, bahwa sejumlah petugas TPR mencatut kelebihan pembayaran tiket masuk lokasi wisata dari para pengunjung.

"Kabar yang santer beredar, wisatawan yang datang secara rombongan menggunakan kendaraan pribadi atau bus harus membayar sesuai jumlah orang yang ada di dalamnya, namun jumlah tiket yang diberikan lebih sedikit dari jumlah yang dibayarkan. Artinya, itu tidak sesuai dengan jumlahnya," kata Alaal.

Mereka dari Anda tidak akrab dengan yang terakhir pada
sekarang memiliki setidaknya pemahaman dasar. Tapi ada lagi yang akan datang.

Namun, Alaal enggan menjelaskan lebih lanjut terkait adanya sejumlah penjaga TPR Pantai Baron yang tertangkap basah. Pihak kepolisian menyamar sebagai pengunjung dengan menerima karcis tidak sesuai dengan jumlah pengunjung dalam satu rombongan busnya yang berjumlah sekitar 60 orang.

Secara terpisah, salah satu pelaku wisata yang enggan disebut namanya mengatakan, ia menemukan berbagai kejanggalan di TPR Baron dalam memungut retribusi bagi para pengunjung. Petugas seringkali memberikan karcis tidak sesuai jumlah pengunjung dalam satu rombongan, sehingga mereka memperoleh keuntungan lebih besar.

"Mereka (petugas TPR) itu, seperti saat liburan kali ini, dalam sehari bisa membawa pulang Rp 300 ribu hingga rp 500 ribu per orang. Karenanya, wajar saja jika petugas di sana meskipin berstatus tenaga honorer dalam setahun bisa membeli mobil," ungkapnya.

Saat ini, TPR yang dibawahi langsung oleh Dinas Pariwisata Gunungkidul tersebut terdapat 10 orang petugas. Dua petugas di antaranya berstatus pegawai honorer, sedangkan delapan lainnya berstatus PNS yang notabene sudah digaji oleh Negara.

Jika Anda telah mengambil beberapa petunjuk tentang
bahwa Anda dapat memasukkan ke dalam tindakan, maka dengan segala cara, melakukannya. Anda tidak akan benar-benar dapat memperoleh manfaat dari pengetahuan baru Anda jika Anda tidak menggunakannya.

Leave a reply

Copyright © 2009 binatang langka.
Designed by Theme Junkie. Converted by Wordpress To Blogger for WP Blogger Themes. Sponsored by iBlogtoBlog.