Your are here: Home // Pameran Putu Sutawijaya "Gesticulation"

Pameran Putu Sutawijaya "Gesticulation"

The following article presents the very latest information on mobil keluarga ideal terbaik indonesia. If you have a particular interest in mobil keluarga ideal terbaik indonesia, then this informative article is required reading.

JAKARTA, KOMPAS.com--Sosok-sosok tubuh dalam beragam pose yang tak lazim tampil, mewujud lewat karya-karya patung Putu Sutawijaya yang akan dipamerkan di Bentara Budaya Bali, 28 Desember 2010 sampai 10 Januari 2011 mendatang. Melalui seni tiga dimensinya yang terangkum pada pameran bertajuk "Gesticulation", perupa kelahiran Tabanan, 27 November 1971 ini tidak hanya menghadirkan (jumlah patung) karya estetik terkininya, melainkan juga berupaya merepresentasikan tubuh serta gerakan-gerakan gestural manusia sebagai cerminan"bahkan juga pemertanyaan"atas hakikat dan identitas diri yang selalu berubah dinamis.

Selama setahun, perupa lulusan ISI Yogyakarta ini melakukan transformasi terhadap karya-karya dua dimensi, yang kemudian ia ekspresikan dalam bentuk tiga dimensi. Dalam prosesnya ini, ia secara intens mengolah besi bekas dari para pemulung di kawasan Bantul, Yogyakarta, untuk kemudian dieksplorasi menjadi berbagai karya seni patung. Besi-besi inilah yang lantas mewujud menjadi beraneka sosok tubuh yang seakan bergerak meliuk, sembari seolah tengah berinteraksi dengan kawat melingkar-lingkar yang dibawanya. Dalam beberapa seri patungnya yang lain, tokoh manusia imajiner tersebut juga tampak berdialog satu sama lain, tentu saja dengan berbagai pose yang merefleksikan gerakan-gerakan gestural.

Hopefully the information presented so far has been applicable. You might also want to consider the following:

œSaya ingin agar tubuh-tubuh ini dapat berkisah, saling menyusun tanda-tanda sebagai seperangkat alat ucap. Bolehlah dibilang, apa yang saya tampilkan dalam pameran kali ini mencerminkan sebentuk upaya dialog untuk memaknai kehadiran diri manusia sekaligus pendefinisian ulang terhadap identitas-identitas kultural yang secara mapan telah melekat padanya, ujar Putu Sutawijaya yang telah beberapa kali melawat kreatif dan berpameran tunggal di China, Hongkong, Malaysia dan berbagai negara lainnya, dan juga pernah meraih Best Painting Philip Morris Art Award (1999) serta Lempad Prize (2000).

Pameran di Bentara Budaya Bali ini akan menampilkan karya-karya patung logam Sutawijaya, baik patung-patung mandiri maupun patung-patung yang dirangkai dalam satu kesatuan instalasi dengan tambahan karya-karya baru selain yang telah dipamerkan di Bentara Budaya Jakarta (BBJ) beberapa bulan berselang. Dalam kesempatan pameran kali ini, Perupa Nyoman Erawan secara khusus akan membuka eksibisi ˜Gesticulation di Bentara Budaya Bali ini.

Sepanjang perjalanan kreatifnya, Putu Sutawijaya memang tekun mengeksplorasi sosok-sosok tubuh manusia lewat berbagai karyanya. Beberapa seri seni dua dimensinya secara mendalam menggambarkan tubuh-tubuh ini melalui beragam bentuk visual yang terkesan begitu ekspresif dan dinamis.

œDengan pilihan tematik ini, Sutawijaya berupaya merefleksikan keceriaan, rasa cemas atau bahkan penderitaan manusia. Cerminan ekspresi ini, serta visualisasi gerak nan spontan dari sosok-sosok yang ditampilkannya, sungguhlah menarik untuk disimak dan didiskusikan lebih jauh, ujar Putu Aryastawa dan Juwitta Katrina Lasut dari Bentara Budaya Bali, seraya menambahkan bahwa untuk pameran kali ini Putu Sutawijaya akan membagikan gagasan serta pengalaman kreatifnya dalam sebuah sesi forum dialog pada 29 Desember 2010, pukul 15.00 WITA yang akan melibatkan para perupa, budayawan dan generasi muda Bali. (*)

Is there really any information about mobil keluarga ideal terbaik indonesia that is nonessential? We all see things from different angles, so something relatively insignificant to one may be crucial to another.

Leave a reply

Copyright © 2009 binatang langka.
Designed by Theme Junkie. Converted by Wordpress To Blogger for WP Blogger Themes. Sponsored by iBlogtoBlog.