Your are here: Home // Etnosida Kian Mengancam Orang Rimba

Etnosida Kian Mengancam Orang Rimba

Do you ever feel like you know just enough about mobil keluarga ideal terbaik indonesia to be dangerous? Let's see if we can fill in some of the gaps with the latest info from mobil keluarga ideal terbaik indonesia experts.

JAMBI, KOMPAS.com - Semakin luasnya alih fungsi hutan alam menjadi tanaman industri di Jambi telah mengakibatkan orang rimba atau suku anak dalam kehabisan sumber daya. Jika kondisi ini dibiarkan, orang rimba terancam mengalami etnosida dalam lima hingga delapan tahun ke depan.

Manajer Komunikasi Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi, Rudi Syaf mengatakan, sekitar 50 persen orang rimba telah keluar dari kawasan hidup mereka semula di Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD). Mereka kini tinggal di sepanjang Jalan Lintas Tengah Sumatera di Kabupaten Sarolangun, Merangin, dan Bungo.

Kehidupan ekonomi mereka relatif sulit, antara lain menjadi penjual obat-obatan tradisional, buruh kebun sawit, dan karet para pendatang transmigran atau dimobilisasi para pemilik modal untuk berburu satwa liar dalam hutan. Mereka umumnya menempati pondok-pondok darurat dari terpal plastik dan beralas bambu di pinggir perkebunan masyarakat.

Sejumlah orang rimba kerap pula dimobilisasi menjadi pengemis ke rumah-rumah warga di Kota Jambi.Hutan di sekitar Bukit Duabelas semakin habis, sehingga orang rimba pun kehabisan sumber daya.

"Seiring itu pula, pola penghidupan mereka berubah," ujar Rudi.

Rudi menjelaskan, kebijakan pemerintah telah mengakibatkan perubahan pemanfaatan ruang di Jambi. Pihaknya mencatat, telah terjadi alih fungsi 633.809 hektar hutan alam di Jambi menjadi hutan tanaman industri yang dikelola oleh 18 perusahaan.

Is everything making sense so far? If not, I'm sure that with just a little more reading, all the facts will fall into place.

Selain itu, terdapat 52.000 hektar kawasan hutan yang dicadangkan untuk HTI atas nama PT Rimba Hutani Mas. Sebagian kawasan yang beralih fungsi tersebut merupakan hunian dan sumber mata pencaharian orang rimba.

Transmigran

Hutan di Jambi juga beralih fungsi menjadi areal transmigrasi. Penyelenggaraan transmigrasi oleh pemerintah sejak 1968 itu telah menempatkan 1.600 orang rimba hidup menetap bersama sekitar 600.000 pendatang, yang sebagian besar datang dari wilayah Jawa.

Kebijakan tersebut menimbulkan terjadinya gegar budaya di kalangan orang rimba. Mereka yang semula terbiasa hidup secara tradisional dalam hutan, secara tidak sadar dipaksa menjalani kehidupan modern para pendatang. Bahkan, orang rimba yang berhasil hidup menetap, tidak mau lagi mengakui dirinya sebagai orang rimba.

"Ini secara tidak langsung juga telah menghancurkan akar budaya orang rimba. Jika dibiarkan terus terjadi, lima atau delapan tahun ke depan, orang rimba akan habis," ujar Rudi.

Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM Nurkholis mengatakan, ada indikasi terjadi pemaksaan kebijakan oleh pemerintah terhadap orang rimba untuk hidup berhadapan dengan dunia luar, melalui program transmigrasi. Untuk itu, pemerintah perlu memperbaiki kebijakannya, agar etnosida tidak sampai terjadi.

"Pemerintah harus memastikan bahwa kebijakan yang diambil berdasarkan kebutuhan dan kesadaran orang rimba," ujarnya.

Berdasarkan populasi yang dilakukan bersama oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi dan KKI Warsi pada 2010, jumlah orang rimba di Jambi mencapai 2.916 jiwa. Jumlah ini meningkat dibanding 12 tahun sebelumnya yang mencapai 2.669 jiwa. Mereka tersebar di Bukit Duabelas, Bukit Tigapuluh, dan sepanjang Jalan Lintas Tengah Sumatera.

Knowing enough about mobil keluarga ideal terbaik indonesia to make solid, informed choices cuts down on the fear factor. If you apply what you've just learned about mobil keluarga ideal terbaik indonesia, you should have nothing to worry about.

Leave a reply

Copyright © 2009 binatang langka.
Designed by Theme Junkie. Converted by Wordpress To Blogger for WP Blogger Themes. Sponsored by iBlogtoBlog.